Bimmer.ID — Kami di Bimmer.ID tidak pernah merasa bosan melihat pro dan kontra terkait bagaimana BMW mendesain grill model terbaru mereka.
Gaung paling keras –yang bisa Anda pantau sendiri di media sosial BMW– selalu datang dari para haters yang tak bosan-bosannya memberikan komentar negatif tentang bentuk serta desain ekstrem grill raksasa BMW.
Namun, faktanya, memang hasil penjualan yang berbicara. Tercatat, model BMW dengan grill jumbo memang laku keras dan diminati orang-orang yang mampu membelinya.
Dari data penjualan kuartal kedua BMW di Amerika Serikat, setiap model yang memiliki desain grill raksasa memiliki performa penjualan luar biasa.
Ada peningkatan penjualan yang signifikan antara kuartal kedua (Q2) 2023 dan Q2 tahun 2022 untuk Seri 4, Seri 7, dan iX.
Bahkan BMW XM, yang dianggap memiliki desain grill paling ‘nggak banget’, terbukti laku meski harganya mahal ($159.000/Rp2,4 miliar).
BMW XM laku 762 unit pada Q2 2023. Ini merupakan angka yang sangat baik jika mengingat harganya yang selangit.
Dengan demikian, bisa dibilang BMW menjadi pihak yang tertawa belakangan setelah angka penjualan model kendaraan mereka yang memiliki grill jumbo laku keras.
Era desain grill raksasa BMW ini dimulai oleh Seri 4 generasi kedua yang pada Q2 2023 terjual sebanyak 13.765 unit.
Angka itu meningkat 107,1 persen jika dibandingkan Q2 tahun lalu. Angka itu termasuk penjualan seluruh varian Seri 4, termasuk Seri 4 Gran Coupe.
Sebagai pembanding, Seri 3 yang memiliki desain grill konvensional (alias kecil dan biasa-biasa saja), hanya laku 7.665 unit di Q2 2023. Namun, model ini pun penjualannya meningkat 24,1 persen.
Yang lebih mencengangkan lagi, gap penjualan antara Seri 3 dan Seri 4 ternyata kian melebar. Di tahun 2021 Seri 3 memang mampu mengalahkan penjualan Seri 4, tapi sekarang beda cerita.
Lanjut lagi ke model yang lebih mahal, all-new BMW Seri 7 juga sukses menarik minat 2.311 pembeli di Q2 2023. Angka itu meningkat 66,1 persen dibanding Q2 tahun sebelumnya.
Padahal, di awal peluncurannya, sedan mewah bongsor ini sempat mengegerkan dunia otomotif dan menuai cercaan karena desain dan ukuran grill-nya.
Paling mengagumkan adalah penjualan SUV elektrik BMW iX yang laku sebanyak 4.135 unit pada Q1 2023, alias meningkat 282,5 persen!
Seperti BMW Seri 4, SUV elektrik dengan gaya tak lazim ini juga memiliki desain dan ukuran grill yang dianggap ‘keterlaluan’.
Jika melihat penjualan Audi Q8 e-tron –pesaing utama iX– mobil itu hanya laku 1.119 unit pada Q1, jauh tertinggal di bawah iX.
Selanjutnya, BMW X1 tercatat terjual sebanyak 4.032 unit, meningkat 138,4 persen. Ini merupakan angka yang tinggi, mengingat ukuran grill-nya yang jauh lebih besar ketimbang generasi sebelumnya.
Sementara hasil penjualan BMW dengan model konvensional di Q2 2023 merosot. Seri 2 turun 21,7 persen. Seri 8 turun 32,6 persen, X3 turun 32,5 persen dan X5 turun 2,5 persen.
Dengan demikian, hal ini membuktikan jika desain ‘berani’ BMW tidak mengurangi minat para pelanggan setianya. (Aldion/Car Buzz)