Bimmer.ID โ Penggemar BMW tahu betul jika E30 M3 adalah salah satu mobil sport tersukses sepanjang masa. Mobil ini pada zamannya mendominasi banyak kejuaraan di seluruh dunia.
Untuk mendapatkan sebuah E30 M3 biasa saat ini tidaklah mudah. Selain harganya yang selangit, unitnya juga sudah sangat jarang ditemui.
Secara total, ada 17.970 E30 M3 yang diproduksi sejak Maret 1986 hingga Juni 1991 dalam model coupe dan convertible.
Namun, BMW juga merilis E30 M3 edisi khusus seperti Evolution, Sport Evolution, Cecotto, dan Ravaglia.
Khusus dijual di Inggris
Dari seluruh edisi terbatas itu, E30 M3 Ravaglia Edition adalah yang paling langka karena hanya diproduksi sebanyak 25 unit saja dan khusus untuk dijual di Inggris.
Namun, meski khusus dijual di Inggris, semuanya menggunakan stir kiri, alias LHD. Padahal, seperti yang kita tahu, Inggris menggunakan format stir kanan.
BMW memang tidak pernah memproduksi E30 M3 selain stir kiri. Jika ada yang menggunakan stir kanan, itu artinya telah dimodifikasi oleh pihak ketiga.
BMW E30 M3 Cecotto dan Ravaglia Edition diproduksi dan dirilis secara berbarengan pada April 1989 dalam jumlah total 505 unit.
Hanya tersedia dalam satu warna
Dari jumlah itu, hanya ada 24 unit Ravaglia Edition yang seluruhnya dicat warna Misano Red sementara satu unit berwarna Nogaro Silver Metallic yang telah dicat ulang.
Ravaglia Edition Nogaro Silver Metallic satu-satunya ini dimiliki oleh BMW Group UK Classic.
Selain warna, yang membedakan antara Ravaglia dan Cecotto edition adalah velg dan plenum serta rocker cover senada bodi. Dan tentu saja tanda tangan Roberto Ravaglia di plakatnya.
Tapi sayang, karena diproduksi berbarengan dengan Cecotto Edition, plakat yang menempel pada konsol tengah Ravaglia Edition tertulis (contoh) 065/505, alias mobil nomor 65 dari 505.
E30 M3 Ravaglia Edition dibekali mesin 4 silinder 2.300 cc berkode S14B23. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 212 Hp dan torsi 230 Nm.
Serupa dengan E30 M3 Evolution, tenaga mesin disalurkan ke roda belakang melalui girboks manual 5 percepatan.
Kesuksesan Roberto Ravaglia
Roberto Ravaglia adalah salah satu pebalap tersukses BMW. Ia menjuarai World Touring Car Championship pada 1987 dan European Touring Car Championship pada 1988 dengan mengendarai E30 M3.
Dan pada tahun 1989, pria kelahiran Italia itu menjuarai balap touring Jerman (DTM) yang paling bergengsi.
Ia kemudian merajai balap touring di Italia pada 1990, 1991, dan 1993. Tetapi penampilannya yang paling mencolok adalah ketika menjuarai balapan 24 Hours of Nurburgring di tahun 1995 dengan mengendarai BMW E36 320i.
BMW E30 M3 Ravaglia Edition merupakan sebuah mobil spesial yang menggambarkan sejarah serta kesuksesan BMW Motorsport.
Kebanyakan orang mengoleksi E30 M3 sebagai bentuk investasi, mengingat harga mobil ini yang semakin meroket. (Aldion/berbagai sumber)