Bimmer.ID — BMW M tahun ini cukup disibukkan dengan serangkaian penyegaran pada model-model kendaraan terbarunya.
Tidak hanya di kendaraan roda empat, divisi performa dari BMW Group itu juga tak melewatkan penyegaran pada kendaraan roda dua mereka.
Untuk tahun 2025 mendatang, BMW M dan BMW Motorrad memberikan sentuhan segar yang meliputi sektor aerodinamika, emisi, dan mesin pada model flagsip M 1000 RR, M 1000 R, S 1000 RR, dan S 1000 R agar memenuhi standar emisi Euro 5+.
Perubahan di motor flagship
BMW M 1000 RR adalah motor yang paling dibanggakan oleh BMW. Untuk lansiran 2025 nanti, motor flagship ini menerima peremajaan mesin, seperti klep full titanium dan kompresi tinggi (dari 13.5:1 menjadi 14.5:1).
Katup throttle-nya juga dibuat lebih tebal, ruang bakar dioptimalisasi, dan geometri airbox-nya mengalami perubahan besar agar mampu menghasilkan tenaga maksimal (205 HP) namun emisi yang dikeluarkan tetap ramah lingkungan.
Hal paling mencolok adalah desain winglet carbon fiber model baru. Peranti ini mampu memberikan downforce lebih besar ketimbang versi terdahulu.
Bagian windscreen pada fairing-nya juga mendapat sentuhan baru yang terbuat dari plastik berkualitas.
Berikut penyegaran yang dilakukan BMW Motorrad guna memenuji standar Euro 5+:
* Dynamic Traction Control (DTC) with new Slide Control
* BMW Race ABS Pro with new Brake Slide Assist Function and โSlickโ setting
* M Quick-Action Throttle with reduced rotation angle
* Flex frame dengan new engine mounting baru.
Serupa dengan M 1000 RR, BMW M 1000 R juga menerima senutuhan yang sama dengan ‘saudaranya’ tersebut.
BMW Motorrad juga menbahkan lampu depan dual flow, tutup plat kopling berwarna hitam, serta rear frame dan swingarm berwarna platinum grey.
Sebagai tambahan motor ini juga mendapatkan M Quick-Action Throttle dengan rotasi derajat.
Untuk model S 1000 RR, BMW Motorrad memberikan sentuhan winglet fan fairing samping baru. Adapun cover roda depannya kini memiliki ventilasi pendingin rem.
M Quick-Action Throttle dengan rotasi 58 derajat dan mode kendara Pro Riding juga telah menjadi standar di motor ini.
Sementara model S 1000 R memiliki tenaga mesin yang lebih besar (170 HP), naik 5 HP dari pwndahulunya. Wheelbase motor ini juga lebih panjang 0,4 imci.
Di sektor transmisi, motor berjenis naked bike ini disematkan rasio final drive yang lebih pendek serta lampu depan LED dual flow. Berikut daftar perubahan lainnya:
* M Quick-Action Throttle with 58-degree rotation angle
* Optimized Shift Assistant;
* MSR Engine drag torque control
* Compliance with Euro 5+ emission standards
* Intelligent emergency call E-Call. (Aldion/BMW Group)