Bimmer.ID — BMW Motorrad di dekade 1970-an sangat disegani, baik oleh kawan maupun lawan. Kesuksesan itu diraih berkat keandalan serta kecepatan dari model R 90 S yang berlaga di berbagai jenis kejuaraan.
Dan kini, BMW merilis R 12 S sebagai tribute bagi pendahulunya yang telah memukau dunia sejak pertamakali dirilis tahun 1973.
Motor ini merupakan bagian dari rangkaian model Heritage BMW Motorrad dengan gaya retro-moderen yang dinamis.
View this post on Instagram
Ikon motorsport
Sedikit kilas balik BMW R 90 S, pada zamannya, motor yang dikembangkan oleh Hans Muth itu sangatlah revolusioner.
Mesin boxer dua silinder berkapasitas 900 cc dari motor itu menghasilkan tenaga sebesar 67 hp yang mampu mencapai kecepatan 200 kpj.
Alhasil, motor tersebut mampu meraih berbagai trofi di kejuaraan bergengsi, beberapa di antaranya adalah Isle of Man TT dan Daytona 200 di tahun 1976.
Motor itu juga untuk pertamakalinya membawa BMW Motorrad meraih gelar Juara Dunia AMA Superbike Championship.
Berkat kesuksesannya, motor yang diproduksi sejak 1973-1976 itu hingga kini banyak dicari-cari oleh para kolektor serta menjadi salah satu motor BMW yang paling dipuja-puji.
View this post on Instagram
BMW R 12 S sang penerus
Atas dasar kesuksesan itulah R 12 S diciptakan oleh BMW Motorrad. Bentuknya menggabungkan antara desain retro dan teknologi kontemporer.
Motor yang diciptakan dengan basis R 12 nineT ini adalah cara BMW dalam merekreasi R 90 S yang legendaris.
Balutan warna Lava Orange Metallic-nya diambil dari warna Daytona Orange yang dirilis pada 1975. Motor baru ini dibekali fairing dan aksen warna alumunium sehingga terlihat retro.
“Detail-detail seperti handlebar-mounted cockpit fairing, jahitan kontras pada jok, dan cat Lava Orange Metallic-nya yang dikombinasikan dengan teknologi moderen menjadi bentuk penghormatan pada R 90 S,” kata Kepala Desain BMW Motorrad Alexander Buckan.
View this post on Instagram
Berikut fitur-fitur penting yang perlu diketahui dari R 12 S:
Mesin: Boxer dua silinder 1.170 cc berpendingin udara dengan girboks 6 percepatan
Suspensi dan rem: BMW Motorrad Paralever di belakang, fork depan upside-down adjustable, dan rem cakram ganda dengan kaliper radial.
Opsi: Billet Pack Shadow dan Shadow II yang dapat dikustomisasi sesuai permintaan di bagian footrest, tuas rem, serta penutup kepala silinder.
Elektronik: Adaptive cornering light (Headlight Pro), Hill Start Control, Cruise Control, Dynamic Traction Control, dan Mode Kendara.
Konektivitas: USB ports, Keyless Ride, dan Connected Ride Control dengan display digital micro-TFT.
Perlengkapan standar: Pemanas grip, adjustable handbrake and clutch levers, serta lampu LED.
BMW R 12 S mulai dirilis ke publik pada kuartal pertama tahun 2025. Di Amerika Serikat motor ini dibanderol US$21.590 atau sekitar Rp343 juta. (Aldion/BMW Group)