Bimmer.ID — Mengendarai mobil retro di sirkuit membawa kenikmatan tersendiri. Bukan untuk mengejar kemenangan, tetapi lebih untuk mencari pengalaman dan bersenang-senang. Salah satu contoh mobil retro yang asyik digunakan untuk track day adalah BMW 1600–2 keluaran tahun 1967.
Pengalaman paling basic dalam mengendarai mobil retro adalah absennya technology assist. Tidak ada ABS, air bag, traction control, dan lain sebagainya. Semua hanya bergantung pada koordinasi dan kelincahan tangan dan kaki pengendaranya.
Mobil vintage akan selalu ada di hati setiap car enthusiasts karena sifatnya yang raw and unforgiving, namun bisa memberikan kenikmatan tersendiri kala dikendarai dengan selayaknya.
Baik motor maupun mobil adalah perpanjangan dari tubuh pengendaranya. Ketika Anda menyatu dengan kendaraan Anda, tidak ada perasaan dan pengalaman yang lebih baik dari itu.
Jika Anda berpikir terjun ke dunia balap retro itu mahal, itu tandanya Anda belum menemukan racikan yang tepat, atau bahkan mengeluarkan uang untuk hal yang sebenarnya tidak perlu.
Yang perlu Anda lakukan adalah mencari mobil yang tepat. Jika di Indonesia, Anda bisa membeli BMW E30, E36, Toyota Corolla DX, atau Mitsubishi Lancer SL.
Tapi kali ini kami membahas sebuah mobil yang banyak digunakan untuk retro racing di Amerika Serikat dan Eropa. Mobil itu adalah BMW 1600–2 keluaran tahun 1967.
Mobil ini banyak digunakan untuk bersenang-senang dan harganya juga lumayan murah. Salah satu contohnya adalah mobil yang dijual di balai lelang Bring a Trailer, California, ini.
BMW 1600–2 lansiran 1967 ini dijual seharga US$5.500, atau sekitar Rp86 juta. Uniknya, mobil ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa oleh pemilik sebelumnya untuk spesifikasi retro racing.
BMW ini mengusung mesin M10 berkapasitas 2.000cc yang sudah di-stroked up serta dilengkapi dua karburator Weber dan transmisi 4 percepatan
Dengan mesin itu, jangan berharap tenaganya besar, tapi cukup untuk membuat pengendaranya bersenang-senang saat melakukan track day bersama teman-teman.
Fun factor yang membuat mobil ini asyik dikendarai adalah bobotnya yang ringan berkat penggunaan body panel fiberglass dan interior yang dilucuti.
Yang tersisa hanyalah jok Cobra model bucket, half cage, dan stir. Tak ada yang lainnya lagi. Well, itu karena Anda tidak membutuhkan hal-hal lainnya di dalam mobil ini saat balapan.
Saat mengendarai mobil balap retro, harap jangan berpikir jika mobil itu akan nyaman, irit, dan aman ya. Akan tetapi, jika Anda telah menyatu dengannya, maka Anda akan merasakan pengalaman terbaik saat berkendara. (Aldion/Autoevolution)