Bimmer.ID — Dalam pertemuan terakhir, Dewan Pengawas BMW AG menunjuk Walter Mertl sebagai Kepala Keuangan (CFO).
Pria berusia 49 tahun ini telah menjadi bagian dari BMW Group sejak 1998 dan memegang berbagai peran kunci dalam Departemen Keuangan, Penjualan, dan Komersial di Jerman serta Inggris.
Di posisi sebelumnya, Mertl membawahi fungsi sentral dalam Pelaporan Grup, Akuntansi Perusahaan, dan Pengendalian Perusahaan. Baru-baru ini, dia bertanggung jawab atas seluruh divisi BMW Group Corporate Controlling.
Walter Mertl akan meneruskan tongkat estafet dari Nicolas Peter (60) sebagai CFO BMW yang segera pensiun setelah bekerja selama 30 tahun.
Peter sendiri telah memberikan kontribusi yang sangat signifikan bagi pertumbuhan BMW Group dengan strategi yang hebat, ekspansi internasional, dan juga transformasi menuju kendaraan listrik dan digitalisasi.
“BMW Group sangat beruntung memiliki CFO strategis seperti Nicolas Peter,” kata Norbert Reithofer, Ketua Dewan Pengawas BMW AG.
“Selama beberapa tahun terakhir yang sangat bergejolak, perusahaan mendapatkan keuntungan dari keahliannya yang mendalam dan penilaian yang sangat baik.”
“Dengan lebih dari dua dekade di berbagai posisi manajerial di divisi Keuangan dan Penjualan & Pemasaran di BMW Group, Walter Mertl telah menunjukkan keahlian bisnis dan keterampilan kepemimpinan yang komprehensif,” lanjut Reithofer.
Tingkatkan kekuatan finansial
Mertl selama bertahun-tahun telah mewujudkan komitmen perusahaan terhadap profitabilitas yang berkelanjutan selama transformasi.
Menurut Dewan Pengawas BMW AG, ada banyak kesuksesan manajerial Mertl yang membuatnya memenuhi syarat untuk peran masa depan sebagai anggota Dewan Manajemen yang bertanggung jawab atas Keuangan.
“Dewan Pengawas yakin bahwa Walter Mertl akan semakin meningkatkan fokus perusahaan pada kekuatan finansial,” kata Norbert Reithofer.
BMW AG telah merilis angka keuangan untuk Tahun 2022. Dalam siaran persnya, BMW Group mencapai tujuannya untuk tahun 2022 dan menghasilkan kinerja operasional yang kuat di tengah lingkungan bisnis yang menantang.
Pabrikan yang berbasis di Munich, Jerman, ini mengalami peningkatan substansial dalam Grup EBT (€23.509 juta/+46,4%) dan laba bersih (€18.582 juta/+49,1%) dibandingkan tahun sebelumnya.
Hasil positif ini disebabkan oleh peningkatan harga, efek campuran produk yang positif, serta integrasi penuh BMW Brilliance Automotive Ltd. (BBA), perusahaan joint venture China. (Aldion/BMW Group)