Bimmer.ID โ Seorang YouTuber asal Inggris, Mat Armstrong, jatuh cinta dengan BMW F90 M5. Ia berencana untuk memilikinya, tapi dengan harga semurah mungkin.
Mat kemudian memutuskan untuk membeli sebuah BMW F90 M5 yang rusak berat bekas tabrakan dengan harapan ia bisa memperbaikinya dengan biaya sedikit. Tapi ternyata malah sebaliknya.
Untuk memperbaiki BMW F90 M5 itu, Mat harus membangun ulang mesin, body panel, dan struktur sasis yang hancur. Semua itu ia dokumentasikan melalui kanal YouTube-nya yang dipisah menjadi beberapa episode
Biaya membengkak
Awalnya Mat merasa jika ia memperbaiki BMW F90 M5 itu sendiri bakal lebih murah dan tidak akan menemui banyak kendala.
Tetapi, seiring berjalannya waktu ia mulai menemui banyak masalah yang bikin pusing serta membuat biaya perbaikan membengkak jauh di luar perkiraan.
Airbag yang sudah mengembang tentu saja harus diganti baru. Untuk menggantinya, Mat terpaksa harus membeli sebuah dashboard baru yang harganya tidak murah untuk sebuah M5.
Sensor dan software mahal
Berikutnya, engsel kap mesin juga perlu diganti baru. Kita tentu berpikir, apa susahnya mengganti engsel? Well, ternyata tidak sesimpel itu.
Engsel kap mesin F90 M5 memiliki fitur mekanisme keamanan yang bisa secara otomatis mengangkat kap mesin jika menabrak pejalan kaki agar tabrakan tidak membahayakan sang korban. Dan alat itu tidaklah murah.
Masalah selesai? Tunggu dulu. Mekanisme engsel kap mesin itu tidak akan bekerja tanpa sensor khusus. Dan Mat terpaksa harus membelinya dengan harga mahal agar alat itu berfungsi.
Karena mobil mengalami kerusakan di bagian depan, maka tentu saja Mat perlu membeli lampu baru yang harga satuannya US$1.000 (sekitar Rp14,5 juta).
Setelah megeluarkan uang Rp29 juta hanya untuk sepasang lampu depan, ternyata salah satu lampu itu tidak berfungsi setelah dipasang karena terkendala software.
Untuk mengatasinya, Mat harus membayar jasa pada sebuah perusahaan software coding untuk memperbaikinya. Hal itu tentu saja awalnya tidak disangka-sangka dan membutuhkan biaya ekstra yang mahal.
Selisih harga tipis
Itu hanyalah sedikit dari sekian banyak kerumitan saat Mat memperbaiki BMW F90 M5 idamannya.
Dan setelah dikalkulasikan, biaya perbaikannya saja mencapai ยฃ39.569 atau Rp738 juta! Belum termasuk harga mobil saat dibeli dalam kondisi hancur.
Sedangkan harga BMW F90 M5 bekas dengan tahun dan jarak tempuh yang sama dengan miliknya berada di harga ยฃ50.000 atau Rp932 juta.
Meski ujung-ujungnya sama saja, setidaknya usaha Mat bisa diapresiasi. Lagipula, karena mobil itu ia bisa membuat konten dengan jutaan view. (Aldion/Bimmer.ID)