Bimmer.ID โ Gaya modifikasi meaty fitment belakangan kian digemari oleh pemilik mobil yang ingin kendaraannya terlihat sporty dan gagah.
Kebalikan dari gaya stretched tires yang menggunakan velg lebar dengan tapak ban sempit, modifikasi meaty fitment menggunakan velg lebar dan tapak ban yang lebar pula serta sidewall mengotak.
Gaya modifikasi ini terinspirasi dari mobil-mobil balap touring, GT, dan rally tarmac. Selain membuat tampilan kaki-kaki terlihat โpadatโ, cengkraman ban ke aspal juga kian mantap.
Ketahui diameter maksimal velg
Untuk melakukan modifikasi meaty fitment, pertama Anda harus terlebih dahulu mengetahui seberapa besar diameter velg yang bisa diakomodir oleh mobil Anda.
Sebagai contoh, di BMW E30, diameter maksimal yang direkomendasikan untuk gaya ini adalah 16 inci. Lebih dari itu tidak akan terlihat meaty dan ban akan mentok fender.
Pilih velg sporty
Selanjutnya, pilihlah velg dengan tampilan sporty, seperti Enkei RFP-1, BBS LM, Volk Rays TE37, Apex ARC8, atau OZ Supertourismo GT.
Pemilihan ban
Setelah menemukan velg yang cocok, langkah berikutnya adalah pemilihan ban. Tidak semua ban bisa dipakai untuk modifikasi meaty fitment.
Hampir seluruh jenis ban yang digunakan untuk modifikasi ini adalah semi-slick, seperti Nankang AR-1, Toyo R888, Yokohama Advan Neova AD-08R, GT Radial Champiro SX2, dan Achilles 123S.
Berikutnya, pilih spesifikasi ban yang pas atau lebih lebar sedikit dari lebar tapak velg. Contohnya, jika Anda memiliki velg dengan lebar tapak 7 inci, Anda bisa memilih ban berukuran 205/50 atau 215/50.
Performa luar biasa di aspal kering
Ketika syarat-syarat itu terpenuhi, dijamin mobil Anda bakal semakin gagah dan โngegripโ di jalanan kering.
Tapi perlu diingat, ban jenis semi-slick tidak memiliki performa atau cengkraman yang baik di waktu hujan atau jalanan berpasir. Dan juga ban jenis ini cenderung lebih cepat aus.
Menurut Ananda Rizky, BMW E30-nya terasa lebih stabil saat digeber di atas kecepatan 100 kilometer per jam.
Ia memilih gaya modifikasi meaty fitment dengan perpaduan antara velg Borbet Carisma 16ร7,5 et 35 dan ban Champiro SX2 225/50/16.
Nanda, panggilan akrabnya, memilih velg dan ban ini agar tampil beda dibanding E30 lainnya. โBiar beda aja, sekaligus mengubah pandangan orang kalau E30 gak harus pake BBS juga bisa bagus,โ ungkap Nanda.
Ia juga menambahkan kalau performa mobilnya menjadi lebih baik saat cruising di jalan tol. โPas kecepatan tinggipun mobil lebih stabil dan ngegrip di aspal,โ tambahnya.
Tertarik untuk mengikuti gaya modifikasi ini? Selamat berkreasi sobat Bimmer! (Aldion/Bimmers.ID)