Bimmer.ID — Pebalap Indonesia Sean Gelael sukses mengunci podium kedua bersama BMW Motorsport pada balapan bergengsi Le Mans 24 Hours akhir pekan lalu.
Mengendarai BMW M4 GT3 Team WRT bernomor #31, Sean yang berbagi mobil bersama rekan Augusto Farfus dan Darren Leung, awalnya tidak terlalu dijagokan.
BMW menurunkan dua mobil di kelas LMGT3 dan dua mobil di kelas Hypercar. Di kelas GT3, mobil #46 yang dikemudikan oleh Valentino Rossi, Maxime Martin, dan Ahmad Al Harthy, lebih diunggulkan.
Namun, ketika malam tiba mobil tersebut tergelincir keluar lintasan dan menabrak pembatas akibat permukaan jalan yang licin oleh hujan. Alhasil mobil #46 gagal menyelesaikan perlombaan.
Kemenangan BMW bersama Sean Gelael di balap Le Mans 24 Hours ini menjadi catatan manis. Karena, terakhir kali BMW merayakan kemenangan adalah pada 2011.
View this post on Instagram
Adapun, di kelas tertinggi (Hypercar), raksasa otomotif asal Jerman itu telah absen selama 25 tahun.
Namun sayang, kedua mobil BMW Motorsport yang turun di kelas Hypercar gagal meraih podium, termasuk BMW Hybrid V8 Art Car #20 yang hanya dapat menyelesaikan 92 putaran sebelum mengalami kecelakaan.
BMW – Sean Gelael kunci podium di Le Mans
Beberapa jam sebelum finish, BMW M4 GT3 yang dikemudikan Sean Gelael bertarung ketat melawan Porsche 911 GT3 dari tim Manthey EMA untuk meraih posisi pertama.
Namun usaha itu gagal dan Porsche yang dikendarai bergantian oleh Yasser Shahin, Morris Schuring, dan Richard Lietz itu akhirnya mengunci podium pertama di kelas LMGT3 untuk yang pertamakalinya.
“Le Mans selalu menjadi event spesial. Saya senang dapat menjadi bagian dari keluarga BMW dan WRT yang telah berjuang tanpa mengenal lelah demi meraih kesuksesan,” kata Sean Gelael.
“Kami bertarung meraih kemenangan dan akhirnya meraih podium kedua. Kami senang dengan hasil tersebut.”
Adapun di kelas tertinggi Le Mans 24h, Ferrari AF Corse kembali menunjukkan pamornya sebagai jawara dengan memenangi podium pertama dan ketiga kelas Hypercar melalui Ferrari 499.
Kemenangan Ferrari itu diikuti oleh Toyota di posisi kedua dan Porsche di posisi keempat. Di kelas tertinggi ini merupakan keikutsertaan pertama bagi BMW Hybrid V8, yang sebelumnya hanya berkompetisi di IMSA dan WEC. (Aldion/BMW Group)