Bimmer.ID — BMW Group Indonesia bersama BMW Ultima meresmikanย Body & Paint Training Center pertama di Asia Tenggara, sekaligus mengumumkan perluasan jaringanย BMW Approved Body & Paint Centerย di Indonesia pada 2025.
Acara bertajuk Joy of Ramadan Gathering with BMW: Relax, We Care ini, juga menjadi momen peluncuran layanan terbaru BMW Remote Diagnosis dan kampanye spesial Ramadan untuk memastikan kenyamanan pelanggan selama mudik Lebaran.

Standar Baru Perbaikan BMW di Indonesia
Fasilitas pelatihan baru ini merupakan hasil kolaborasi dengan BMW Ultima, satu-satunyaย BMW Approved Body & Paint Centerย di Indonesia yang telah diakui langsung oleh BMW AG, Munich. Pusat pelatihan ini dirancang untuk:
- Melatih teknisi lokal dengan standar internasional
- Memangkas kebutuhan pelatihan ke luar negeri
- Menjadikan Indonesia sebagai pusat keahlian teknis regional
โBMW Ultima sebagai satu-satunya Approved Body & Paint Center di Indonesia merasa bangga, karena hari ini — bersama dengan BMW Group Indonesia, meluncurkan BMW Group Training Center pertama di Asia Tenggara, yang berlokasi di Indonesia,” jelas Rudy Kusmanto, Managing Director BMW Ultima.
View this post on Instagram
“Kami berkomitmen menghadirkan layanan terbaik bagi pelanggan. Training Center ini adalah investasi kami untuk memastikan setiap BMW diperbaiki dengan presisi seperti saat pertama kali dirakit,” ujarย Peter “Sunny” Medalla, President Director BMW Group Indonesia.
Revolusi Layanan Purnajual dengan RITA
BMW memperkenalkan terobosanย RITA (Remote Integrated Service Technical Adaptation), sistem diagnostik jarak jauh yang mengubah paradigma servis kendaraan:
- Diagnosis instan: Teknisi dapat membaca masalah kendaraan dari jarak jauh saat lampu peringatan menyala
- Update software: Pembaruan tertentu bisa dilakukan tanpa kunjungan ke bengkel
- Penilaian keselamatan: Memberi rekomendasi apakah kendaraan aman untuk tetap dikendarai
- Servis proaktif: Otomatis menjadwalkan kunjungan bengkel berdasarkan data aktual
“RITA ibarat memiliki teknisi BMW yang selalu mendampingi. Sistem ini memungkinkan kami memberikan solusi cepat bahkan sebelum kendaraan dibawa ke bengkel,” jelasย Mahalingam Maganderalingam, Director of Customer Support BMW Group Indonesia.
Acara menarik ini juga menampilkan BMW i5 eDrive40 Touringย danย BMW i7 xDrive60 Gran Lussoย dengan varian catย BMW Individual Two-Tone, hasil kolaborasi dengan BMW Ultima.
Dengan kombinasi fasilitas pelatihan berstandar global dan inovasi digital RITA, BMW semakin memperkuat posisinya sebagai pemimpin layanan purnajual otomotif premium di Indonesia. (ymn/Bimmer.ID)