Bimmer.ID — Zaman yang sudah berubah seiring pesatnya perkembangan teknologi membuat BMW tak lama lagi segera hilangkan transmisi manual dan DCT (dual-clutch transmission) dari seluruh modelnya.
DCT di awal kemunculannya merupakan transmisi kebanggan BMW karena memiliki perpindahan gigi yang lebih mulus dan cepat ketimbang manual. Girboks ini juga jauh lebih superior ketimbang transmisi otomatis biasa.
BMW hilangkan transmisi manual dan DCT karena hanya akan fokus pada transmisi otomatis sebelum sepenuhnya pindah ke mesin full elektrik.
BMW M2 G87 bakal menjadi model M terakhir yang dibekali transmisi manual, meski tersedia pula transmisi otomatis 8 percepatan. Sedangkan DCT sama sekali tak masuk hitungan.
“Dari sudut pandang BMW, DCT sudah mati. Sekarang hanya ada manual atau otomatis, dan otomatis elektrik,” kata Kepala Pengembangan BMW Dirk Hacker.
DCT tidak praktis
Alasan utama BMW menghapus DCT adalah kepraktisan. Keputusan ini bermula dari M5, di mana insinyur BMW lebih memilih transmisi otomatis biasa dengan alasan kenyamanan.
DCT saat ini dianggap kurang diminati karena tidak nyaman saat digunakan pada kecepatan rendah dan stop and go. Terutama saat parkir.
Apalagi saat ini transmisi otomatis moderen BMW sudah sangat superior dan mampu mengalahkan girboks DCT.
“Transmisi yang ada pada M4 CSL dapat melakukan perpindahan gigi dengan lebih cepat. Dan kami juga menggunakannya pada mobil balap M4 GTR,” tambah Hacker.
Dengan demikian, jika Anda menyukai model BMW yang memiliki transmisi manual, segeralah membeli G80 M3, G82 M4, dan G87 M2
Hacker manambahkan jika tak tertutup kemungkinan adanya mobil listrik bertransmisi manual, namun BMW sama sekali tidak tertarik untuk membuatnya. (Aldion/The Drive)