Bimmer.ID — Penjualan mobil Tesla di Amerika Serikat pada tahun lalu cukup mengagumkan sehingga menjadi merek premium yang paling banyak dibeli.
Tesla menjual mobil jauh lebih banyak daripada merek premium lainnya di ‘Negeri Paman Sam’. Namun, hal itu tidak bertahan lama, karena di kuartal keempat 2022 posisinya langsung digeser oleh BMW.
Menurut data pelanggan yang dirilis oleh Kelley Blue Book (KBB), BMW adalah merek premium terbanyak dibeli pada akhir tahun 2022
Laporan KBB Watch Report menunjukkan bahwa 22 persen pembeli mobil mewah membelanjakan uang mereka untuk memboyong BMW di kuartal keempat tahun lalu.
Penjualan Tesla Anjlok
Sementara persentase pembeli Tesla merosot hingga satu digit. Itu merupakan penurunan yang sangat signifikan, mengingat Tesla selalu mendominasi penjualan hingga kuartal ketiga 2022.
Lebih parahnya lagi, alih-alih menempati posisi kedua, Tesla terlempar ke posisi kedelapan, kalah jauh oleh Lexus dan Cadillac.
Di kuartal keempat 2022, Cadillac meraup 18 persen penjualan, sementara hanya 9 persen pelanggan yang membeli Tesla. Namun, posisi itu setidaknya masih lebih baik ketimbang Volvo dan Lincoln.
Seri 3 terfavorit
Hal mengejutkan lainnya adalah, ternyata model BMW terlaris yang dibeli pelanggan pada kuartal keempat bukanlah SUV, melainkan sedan Seri 3.
Kemungkinan tampilan wajah baru dan teknologi mutakhir yang disematkan pada BMW Seri 3 memberikan dampak besar terhadap tingginya penjualan.
Menariknya, dari seluruh mobil yang dijual di AS, BMW Seri 3 merupakan model kelima yang paling disukai oleh pelanggan.
Sementara empat posisi teratas ditempati oleh SUV dari berbagai merek. Dan kemudian di posisi keenam ada BMW X5 dan posisi kesembilan ditempati oleh BMW Seri 5.
Penjualan BMW di Indonesia
Pada 2022 lalu, seperti dilansir Kompas (14/1), BMW Group Indonesia juga meraih penjualan tertinggi sepanjang sejarah di pasar dalam negeri, yaitu 3,742 unit sepanjang 2022. Tumbuh 21 persen dibanding tahun 2021 lalu, yaitu sebesar 3,102 unit. Terbesar selama eksistensi BMW Group di Indonesia, sejak 21 tahun lalu.
“BMW Group Indonesia raih rekor penjualan yang luar biasa pada 2022, dan pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim dan mitra strategis kami – sebuah kebanggaan dan awal yang baik untuk tahun 2023,” ujar President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan, dalam keterangannya, Jumat (13/1/2023), seperti dikutip Kompas.com.
Semoga BMW dapat terus menjaga tren penjualan dan momentum, mengingat pabrikan asal Jerman ini bakal merilis lebih banyak mobil listrik di tahun ini. (Aldion/BMW Blog/Kompas)