Bimmer.ID — BMW nampaknya menolak kepunahan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine/ICE) dengan mengembangkan dan patenkan mesin ICE baru yang lebih efisien.
Mesin ini nantinya dirumorkan bakal mengisi ruang mesin X5 G65 lansiran 2026, yang kemudian diikuti oleh berbagai model setelahnya.
Saat ini mesin terfavorit dari BMW adalah B58 in-line 6 dan S68 V8 yang dapat ditemukan di berbagai model. Namun, pabrikan asal Jerman itu tak terbuai dan tetap mengembangkan mesin baru.
BMW patenkan mesin baru
Dikutip dari Majalah Auto Motor und Sport, BMW patenkan teknologi mesin pembakaran dalam yang bertujuan secara signifikan menambah efisiensi bahan bakar.
Teknologi yang dipatenkan itu adalah pre-chamber combustion, sebuah langkah besar dalam teknologi mesin ICE.
Namun demikian, teknologi pre-chamber ignition sebenarnya sudah digunakan di beberapa mesin diesel hingga dekade 1980-an.
Teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi di kecepatan rendah, mengurangi suara sehingga lebih senyap, dan menghaluskan kinerja mesin.
Paten baru BMW ini menyadur konsep tersebut dengan melakukan sedikit modifikasi agar dapat digunakan di mesin bensin moderen.
Teknologi dengan alat pre-chamber ignition tersebut dilindungi oleh paten dari European Patent Office mulai Agustus 2024.
Alat ini memiliki fitur bukaan overflow yang terhubung pada ruang bakar. Di sini campuran udara dan bensin dipantik oleh api busi khusus berkonfigurasi unik.
Tak seperti busi pada umumnya, busi khusus ini memiliki elektroda dasar dan pemantik terpisah, sehingga suhu mesin lebih dingin dan mencegah pembakaran yang tidak diinginkan.
Meningkatkan efisiensi dan performa
Teknologi itu diklaim tidak hanya dapat mengurangi konsumsi BBM, tetapi juga mengurangi emisi serta menambah tenaga.
Teknologi pembakaran dalam tersebut sangat cocok untuk diadopsi di berbagai konfigurasi mesin, mulai dari mesin kecil 3 silinder hingga V8.
Fleksibilitas ini memungkinkan BMW untuk mengintegrasikannya ke berbagai mesin bensin yang lebih luas.
Tetapi, sejauh ini BMW masih bungkam soal mesin baru tersebut. Dan sejauh yang kita tahu, BMW memang belum mau menyuntik mati mesin pembakaran dalam. (Aldion/BMW Blog/Auto Motor und Sport)