Bimmer.ID โ Kiddo Motors didirikan oleh Sergio Amet pada 2010 lalu di Spanyol. Bengkel motor ini memiliki pamor yang mengagumkan dalam membangun motor kustom.
Maraknya tren modifikasi motor bergaya cafe racer membantu perkembangan workshop milik Amet.
Ia pun kemudian membentuk tim yang terdiri dari orang-orang dengan keterampilan khusus dalam menciptakan motor kustom.
Untuk motor BMW R 100 RS cafe racer ini, yang sepenuhnya bertanggungjawab adalah Christoffer Martensson. Pria ini nekat datang dari Swedia untuk pindah ke Spanyol bergabung dengan Kiddo Motors.
Konsep minimalis praktis
BMW R 100 RS cafe racer ini dibangun oleh Christoffer dengan sangat mendetail sesuai konsep minimalis, praktis, dan andal.
Langkah pertama dalam membangun sebuah motor tentu saja membongkarnya, tak terkecuali BMW R 100 RS ini. Kru Kiddo Motors kemudian membentuk ulang rangka motor sesuai gaya cafe racer.
Buntut belakangnya dipapas dan disematkan lampu LED dan braket kecil untuk plat nomor. Joknya dibuat khusus oleh bengkel yang berbasis di Katalonia ini.
Bagian fender depannya dibuat kustom agar sesuai dengan bentuk dan gaya cafe racer. Namun mereka tetap mempertahankan bentuk asli tangki khas BMW.
Akan tetapi, tangki ini tidak dicat. Melainkan sengaja dibiarkan โtelanjangโ untuk memperlihatkan warna besinya, namun diberi aksen turquoise, pinstripes putih, serta filler cap mengkilap.
Bagian kokpitnya tak kalah minimalis moderen ketika dibekali top clamp bespoke, clip on Tommaselli, dan Motogadget switchgear.
Yang unik, lampu depannya yang bergaya retro diambil dari motor buatan China, Kymco. Footpeg Tarozzi dipilih agar posisi duduk pengendara lebih ergonomis.
Di bagian kaki-kaki, motor ini menggunakan ban Avon Roadrider. Sementara remnya menggunakan selang merek Goodridge.
Elektrikal moderen
Kabel bawaan pabrik tak lagi digunakan, melainkan diganti dengan kabel sederhama yang langsung tersambung pada baterai lithium dan m-unit control module buatan Motogadget.
Perlengkapan elektronik lainnya adalah alternator 14 volt, sistem pengapian CDI dengan koil moderen, dan voltage regulator.
Untuk menyalakan mesinnya, Kiddos Motor memilih m-Lock yang lagi-lagi dipasok oleh Motogadget.
Mesin tetap standar
Mesin boxer twin cylinder-nya dibiarkan standar namun telah di-refresh dengan pasokan suku cadang baru. Dan knalpotnya juga telah diganti dengan model aftermarket.
Dengan seluruh ubahan dan penyegaran yang dilakukan, motor ini terlihat semakin menawan dan siap dibawa berkeliling Spanyol. (Aldion/Autoevolution)