Bimmer.ID — Jika ada yang bertanya, mana yang lebih mahal motor baru atau motor tua? Well, jangan buru-buru menjawab, karena kemungkinan keduanya sama-sama mahal, seperti BMW R 11 yang bakal kita bahas.
BMW pertama kali memperkenalkan R 11 pada tahun 1928, berbarengan dengan R 16. R 11 merupakan sepeda motor touring pertama di kelas 750 cc yang diproduksi dengan menggunakan pressed-steel frame berbentuk duplex.
Dan pada musim panas 1930 motor ini mulai dijual secara resmi di Jerman. Secara total tercatat ada 7.500 R 11 yang diproduksi dari tahun 1930 hingga 1934.
Spesifikasi
BMW R 11 menggunakan mesin valve-in-block boxer dua silinder berkode M 56. Mesin 745 cc ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 20 HP di putaran 4.000 RPM.
Berbeda dari blok mesinnya yang dibuat dari cast iron, kepala silinder motor ini dibuat dari alumunium dengan sirip pendingin radial.
Transmisinya menggunakan girboks manual tiga percepatan yang terhubung ke as roda melalui propeler di sisi kanan. Kecepatan tertingginya adalah 112 km per jam.
Harga tinggi
Mengingat jumlahnya yang sangat sedikit hingga saat ini, maka tak heran kalau R 11 banyak diburu oleh kolektor dengan harga tinggi.
Pada 2021 lalu, sebuah BMW R 11 Seri 5 di Amerika Serikat dijual oleh rumah lelang Bring a Trailer dengan harga fantastis US$24.000 atauRp374 juta. Harga itu jelas lebih mahal dari rata-rata motor baru yang dijual saat ini. (Aldion/Autoevolution)