Bimmer.ID — BMW Motorrad akhirnya memperkenalkan all-new BMW R 1300 GS Adventure lansiran 2025.
Motor yang masih menjadi bagian dari varian GS ini diciptakan sebagai kendaraan touring jarak jauh yang mampu menaklukkan jalur ekstrem.
R 1300 GS Adventure ini menggunakan mesin yang sama dengan R 1300 GS, yakni model boxer dua silinder 1.300 cc berpendingin air yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 145 HP.
Namun, fitur yang menjadi primadona di motor ini adalah Automated Shift Assist (ASA), teknologi transmisi semi-otomatis buat motor.
View this post on Instagram
Teknologi ini mirip dengan Dual Clutch Transmission (DCT) yang dipakai di motor Honda VFR1200 pada akhir dekade 2000-an.
Dengan fitur ini pengendara bisa memilih posisi gigi melalui tombol pada mode Manual (M) dan Automatic Drive (D).
Mode Drive ini membantu pemgendara memilihkan pergantian gigi secara elektronik melalui berbagai parameter seperti putaran mesin, bukaan gas, kemiringan kendaraan, dan lain sebagainya.
Jika dibandingkan dengan R 1300 GS biasa (225 KPJ), tipe Adventure ini memiliki kecepatan puncak yang lebih rendah (220 KPJ). Itu karena bobotnya yang lebih berat.
Kemungkinan karena ukuran tangkinya yang makin besar, dugaannya bisa menyentuh 30 liter, seperti di R 1250 GS Adventure sebelumnya.
Total bobot R 1300 GS Adventure adalah 258 Kg, lebih berat 20,8 Kg dari R 1300 GS standar. Untuk harga belum diketahui, namun sebagai perbandingan R 1300 GS standar dijual dengan harga tembus Rp 1 miliar.
BMW R 1300 GS Adventure tersedia dalam beberapa pilihan warna, yaitu merah, silver, dan hitam untuk base model. Serta Adventure Style Triple Black, merah/biru/putih khas BMW GS Trophy, dan warna emerald green. (Aldion/Cycle News/BMW Group)