Bimmer.ID โ Platform BMW GS dianggap sebagai panutan bagi motor adventure, atau petualang, selama hampir tiga dekade.
Dan BMW cukup berbangga hati bahwa mesin boxer dua silinder yang disematkan pada motor dual-sport andalan mereka itu dijadikan pilihan utama oleh para riders di seluruh dunia.
Dan kini, setelah penantian panjang, BMW Motorrad resmi memperkenalkan R 1300 GS untuk tahun 2024.
Bukan hanya mesinnya yang baru, BMW juga mendesain ulang seluruh aspek dari motor guna menggantikan R 1250 GS. Bobotnya juga 12 Kg lebih ringan ketimbang pendahukunya.
Lebih bertenaga dan irit
Menurut BMW, R 1300 GS kini ditenagai mesin boxer 1.300cc dengan sistem pendingin cairan yang mampu menghasilkan tenaga 145 HP pada 7.750 RPM dan torsi 149 NM pada 6.500 RPM.
Seperti model BMW terbaru, model ini juga dilengkapi dengan teknologi BMW ShiftCam (variable valve timing).
Meski mesinnya lebih besar dengan bore and stroke 106,5mm x 73mm, konsumsi bahan bakarnya sama iritnya dengan R 1250 GS.
R 1300 GS ini juga diklaim mampu mencapai kecepatan maksimal 200km/jam dan berakselerasi 0-100km/jam dalam waktu 3,39 detik.
Posisi girboks yang berbeda
Kehadiran mesin baru tersebut juga membuat girboks 6 percepatan kini terletak di bawah mesin, bukan di belakang seperti sebelumnya.
Hasilnya, pusat gravitasi kini lebih rendah dan model baru ini lebih kompak. BMW mencatatkan bobot kering 237kg dan kapasitas tangki bahan bakar 19 liter.
Secara keseluruhan, meski mesinnya lebih besar, platform baru ini lebih ringan 4kg dibandingkan R 1250 GS.
BMW juga mengembangkan rangka baru untuk R 1300 GS 2024 ini. Bagian โsubframeโ yang sebelumnya menggunakan baja tubular diganti dengan komponen yang lebih kuat dan menawarkan pengendalian berkendara yang lebih efisien.
Handling mumpuni
Suspensinya mencakup Evo Telelever baru di depan dan Evo Paralelever baru di belakang. BMW mengklaim desain terbaru ini tidak hanya meningkatkan kemampuan berkendara tetapi juga cengkeraman yang lebih baik di bagian belakang.
Paket remnya terdiri dari kaliper rem kembar 4 pot di depan yang dipadukan dengan rem cakram 310 mm dan kaliper rem 2 pot di belakang dengan rem cakram 285 mm.
Menariknya, fungsi ABS Pro dan Dynamic Brake Control kini hadir sebagai standar pada model baru ini. Sebagai catatan BMW 1300 GS ini hadir dengan velg depan 19 inci dan belakang 17 inci.
Tinggi jok R 1300 GS diatur pada 850mm, namun dalam gerakan lambat atau berhenti, fungsi โadaptive seat heightโ akan menurunkan ketinggian menjadi 820mm.
Melihat gambarnya, aspek yang paling menyita perhatian tentu tertuju pada lampu LED depan berbentuk โXโ yang tentunya akan menjadi perbincangan di kalangan penggemar GS.
Selain itu, fitur lain yang ditawarkan antara lain 4 mode berkendara, yakni Rain, Road, Eco dan Enduro, kontrol traksi dinamis, kontrol torsi tarik engine, bantuan rem dinamis, kontrol start dari bukit, TPMS, dan kontrol jelajah dinamis.
R 1300 GS juga hadir dengan โhandguardโ yang disertai lampu lalu lintas dan baterai lithium-ion sebagai standar.
Tak ketinggalan juga, panel TT meter berwarna 6,5 inci, port USB, soket 12V, sistem keyless, dan pegangan pemanas.
Motor ini hadir dengan tiga varian, Triple Black, GS Trophy, dan Option 719 Tramuntana. Sangat menarik bagi yang telah lama mengidamkan motor dual sport untuk bertualang. (Aldion/Cycle World/Auto Week)