Bimmer.ID โ Anda baru saja membawa pulang sebuah BMW M yang baru Anda beli. Siapapun orangnya, pasti bakal tak sabar untuk segera mengendarainya.
BMW M merupakan model yang didesain khusus untuk mengejar performa, dan trackday merupakan salah satu cara terbaik untuk memacu mobil jenis ini.
Berikut 6 poin penting mempersiapkan BMW M Anda sebelum dan sesudah mengendarainya untuk trackday di sirkuit.
Servis teratur
BMW M didesain untuk performa maksimal di lintasan. Seluruh komponen penting, seperti as roda, gardan, dan transmisi, wajib mendapat perhatian lebih karena selalu โdisiksaโ.
Oleh karena itu, para pemiliknya diimbau melakukan servis yang lebih mendalam. Gantilah oli mesin dan filter-nya jika odometer telah menunjukkan jarak tempuh 2.000 Km.
Berikutnya, ganti coolant, oli gardan, dan oli girboks. Hal itu membuat Anda bebas menggeber mesin hingga 7.200 rpm.
Pemeriksaan kendaraan
Tugas Anda selanjutnya adalah memeriksa seluruh lampu, tingkat ketinggian cairan, tekanan ban, dan lain sebagainya.
Lalu periksa bagian-bagian yang berpotensi menimbulkan kebocoran, seperti di bagian kolong mobil. Amat berbahaya jika kebocoran cairan (oli maupun coolant) saat kendaraan dipacu.
Beberapa BMW M memiliki perangkat opsional Active Protection yang mampu mengencangkan ulang sabuk pengaman setelah mobil digunakan.
Sektor pengereman
Mengabaikan sektor ini sama saja dengan bunuh diri. Rem merupakan komponen penting yang wajib mendapat perhatian lebih. Terutama saat di lintasan.
Jika kurang, tambahkan minyak rem hingga titik maksimum. Dan jika minyak rem belum pernah diganti dalam setahun, sebaiknya Anda langsung menggantinya dengan yang baru.
Kampas rem juga harus diperiksa ketebalannya โ 9 mm di depan dan 8 mm di belakang. Ketebalan piringan cakram harus 1 mm lebih tinggi dari ketebalan minimum.
Jika BMW M Anda dibekali piringan cakram carbon-ceramic, maka Anda wajib memeriksa ketebalannya, kontaminasi kotoran, dan menggantinya jika piringan itu pernah jatuh atau terbentur saat dibongkar.
Selang rem juga wajib diinspekai untuk mencegah terjadinya kebocoran atau kerusakan lainnya.
Pemeriksaan roda
Velg dan roda merupakan komponen berikutnya yang wajib diperiksa secara menyeluruh. Anda direkomendasikan untuk menggunakan ban khusus sirkuit dan jangan menggunakan ban all season serta velg kaleng.
Tekanan ban juga harus disesuaikan dengan rekomendasi pabrik guna mencegah terjadinya kecelakaan. Tekanan ban yang kurang atau berlebihan dapat merusak ban.
Fakta menarik, tekanan ban dapat meningkat 5 psi saat mobil dipacu dalam keadaan dan suhu tertentu. Jadi pastikan Anda memeriksanya dengan benar.
Warm up dan cool down
Sebelum memacu kendaraan habis-habisan di lintasan, lakukan putaran pemanasan (warm up lap). Hal ini penting agar seluruh cairan di dalam mesin mencapai suhu terbaik.
Waspadai juga electronic power steering (EPS) yang bisa saja mencapai suhu tinggi saat mobil dipacu di sirkuit.
Inspeksi usai trackday
Setelah selesai memacu mobil, Anda direkomendasikan untuk melakukan putaran terakhir dengan kecepatan normal agar suhu mesin turun kembali.
Lalu direkomendasikan juga bagi Anda untuk membawa mobil ke bengkel resmi/langganan untuk diperiksa secara menyeluruh usai trackday.
Jika Anda mengikuti seluruh langkah tersebut, BMW M Anda akan terus memberikan performa terbaiknya dalam waktu yang lama. (Aldion/BNW Blog)