Bimmer.ID — Sejak Januari hingga April 2024 tercatat ada 2.917 unit kendaraan premium terjual di Indonesia. Ini menunjukkan performa penjualan yang sangat menjanjikan bagi produsen mobil mewah.
Dikutip Bimmer.ID dari Andrea Automotive Page, posisi BMW sebagai merek premium nomor satu di Tanah Air tetap tak tergoyahkan.
Raksasa otomotif asal Jerman ini dalam waktu 4 bulan mampu menjual 984 kendaraan dengan market share 33,7%.
Posisi kedua diikuti oleh Lexus dengan penjualan 930 kendaraan (market share 31,9%) dan Mercedes-Benz 738 unit kendaraan (25,3%).
Posisi keempat ditempati oleh MINI dengan penjualan 256 unit kendaraan (8,8%) dan terakhir Audi yang hanya mampu menjual 9 unit kendaraan alias 0,3% saja.
Data ini menggarisbawahi lanskap dinamis pasar otomotif Indonesia serta menegaskan posisi strategis dari merek-merek premium tersebut. Jelas terlihat merek apa yang paling digemari di Indonesia.
View this post on Instagram
Jika dibandingkan dengan periode Januari-April tahun sebelumnya, penjualan BMW menurun sebesar 14,7%.
Namun, posisi BMW tetap tak tergoyahkan karena permintaan untuk merek ini tetap tinggi. Merek BMW sudah melekat sebagai favorit masyarakat Indonesia sejak lama.
Konsumen Indonesia paling menggemari SUV dari BMW. X5 menempati peringkat pertama dengan penjualan 183 unit, yang kemudian disusul oleh Seri 3, X1, X3, dan iX.
Sementara itu Lexus tak mau kalah dengan pertumbuhan yang sangat signifikan, yakni 143% di tahun 2023. Ini jelas menunjukkan bahwa mereka adalah saingan terberat BMW yang harus diwaspadai.
Lexus LM menjadi model yang paling laku dengan angka penjualan 496 unit di periode Januari-April. Kemudian disusul oleh RX (355 unit) dan LX (49 unit).
Adapun Mercedes-Benz menunjukkan pertumbuhan yang “biasa-biasa saja”. Bahkan tahun ini mereka mengalami penurunan penjualan sebesar 33,3% dibandingkan tahun 2023.
Model terlaris dari Mercedes-Benz adalah C-Class yang laku terjual sebanyak 186 unit pada periode Januari-April 2024. Kemudian diikuti oleh model SUV seperti GLE, GLA, dan GLB.
Sementara itu, MINI menunjukkan pertumbuhan penjualan yang cukup baik. Merek yang merupakan bagian dari BMW Group ini mencatatkan peningkatan penjualan sebesar 20,2%.
MINI Countryman tampil sebagai primadona dengan penjualan mencapai 105 unit pada periode Januari-April.
Kemudian diikuti oleh MINI Clubman (54 unit), MINI Convertible (35 unit), MINI Cooper 3 door (25 unit), dan MINI JCW (16 unit).
Pencapaian ini kian menunjukkan popularitas MINI di pasar mobil premium Indonesia sekaligus menegaskan posisinya sebagai pilihan utama di pasar otomotif Tanah Air. (Aldion/Andrea Automotive Page)